PENGERTIAN MUSIK TRADISI

Standard

PENGERTIAN MUSIK TRADISI

Musik tradisi adalah musik yang lahir dan berkembang di suatu daerah tertentu dan diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Ciri-ciri umum musik tradisi adalah:

1. Ide musik disampaikan oleh komponis tidak melalui tulisan berupa notasi atau partitur tetapi secara lisan. Misalnya, pencipta menyanyikan karyanya pada saat ada pertemuan dengan orang lain pada suatu kegiatan. Kemudian karya itu dihafalkan dan dinyanyikan oleh pendengar tadi pada kesempatan lain di hadapan orang lain pula, begitu seterusnya.

2. Musik tradisi diwariskan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya secara lisan. Para orang tua mengajarkan komposisi musik baik vocal maupun instrumental secara lisan atau langsung di ajarkan kepada berikutnya, demikian seterusnya, sehingga musik tradisi ini akan tetap dikenal oleh masyarakatnya.

3. Syair lagu berbahasa daerah. Selain itu alunan melodi dan iramanya juga menunjukkan ciri khas kedaerahan. Contoh, lagu dari daerah Jawa Tengah syairnya berbahasa Jawa dan melodi menggunakan tangganada pentatonic.

4. Musik tradisi menggunakan alat-alat musik khas daerah. Iringan lagu Jawa Tengah menggunakan gamelan, Nusa Tenggara menggunakan Sasando, Minahasa menggunakan Kulintang, Jawa Barat Angklung, dan lain-lain.

Tugas:

1. Identiifikasikan musik tradisional dari daerah asalmu!

2. Sebutkan nama alat musik dan judul lagu daerah yang ada di Indonesia!

3. Mengapa musik tradisi kurang di minati oleh generasi muda?

4. Diskusikan dengan temanmu, apa yang harus dilakukan agar musik tradisi dapat berkembang dan dapat diterima oleh semua lapisan masyarakat.

One response »

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s